Monday, November 30, 2015

KAMU TIDAK AKAN MENYADARI JIKA PARASIT LALAT INI BERSARANG MEMAKAN DAGINGMU PERLAHAN -LAHAN



Tentu banyak diantara kita yang belum kenal dengan nama lalat Botfly. Ya, lalat parasit ini sering ditemukan di beberapa negara Amerika selatan, Amerika tengah seperti; Brazil, Belize, Chile, Mexico, Honduras, Republik Dominika, Peru, Panama, Argentina, dan beberapa negara di Afrika. Pada umumnya beriklim tropis. 
BOTFLY: Kamu Tidak Akan Menyadari Jika Parasit Lalat Ini Bersarang Memakan Dagingmu Perlahan-lahan 



 


BOTFLY: Kamu Tidak Akan Menyadari Jika Parasit Lalat Ini Bersarang Memakan Dagingmu Perlahan-lahan 





Akan tetapi, kasus Botfly ini pernah ditemukan di Philipina akhir-akhir ini (yang ditenggarai di bawa oleh turis yang membawa larva botfly di badan mereka tanpa disadari). Semoga aja para turis-turis yang datang ke Indonesia bebas dari larva Botfly ini.




Lalat Botfly, melakukan simbiosis parasitisme dalam mengembangbiakan ras mereka. Larva dari Botfly ini memerlukan makanan daging segar tiap harinya untuk bisa bertahan hidup. Dan sayangnya, lalat Botfly ini terlalu 'malas' untuk mencari daging segar untuk para larva-larvanya sehingga ia perlu menitipkan larva-larvanya kedalam tubuh hewan lain (termasuk manusia) yang menjadi inang bagi larva-larva botfly.





Jadilah para larva-larva ini, hidup di dalam daging inang (host) dan memakan daging inangnya sedikit demi sedikit sampai mereka cukup besar selama 6 minggu untuk menjadi ulat dewasa. Kemudian barulah mereka akan keluar dari tubuh inangnya dan jatuh ketanah. Selama didalam tanah, butuh 4 minggu untuk ulat-ulat dewasa tersebut bertransformasi menjadi lalat Botfly dewasa yang siap mencari pasangannya untuk kemudian meneruskan kembali 'tradisi' hidup mereka tersebut.




Proses hidupnya larva-larva lalat didalam tubuh hewan (termasuk manusia) sebagai inang, disebut Myasis. Atau invasi larva lalat pada jaringan tubuh inanganya sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan tersebut.




Lalat Botfly ini, 'menitipkan' telur-telur mereka kepada nyamuk. Tubuh lalat botfly, beberapa kali lebih besar daripada nyamuk, sehingga memudahkannya untuk melakukan 'invansi' ketika seekor nyamuk melintas dihadapann.

KAMU TIDAK AKAN MENYADARI JIKA PARASIT LALAT INI BERSARANG MEMAKAN DAGINGMU PERLAHAN -LAHAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: blogger beriman

0 comments:

Post a Comment